Statistik Nielsen: Konsumen Indonesia ketagihan Smartphone (?)

SINDO I Gadgets : Pensindo_stats-mobile-primetime_webgguna smartphone di Indonesia menghabiskan lebih dari tiga jam waktunya setiap hari untuk chatting, browsing, menonton video, dan berbagai hal lain melalui perangkat bergerak mereka. Hasil tersebut tiga kali lebih tinggi dibandingkan konsumen di Amerika.

Diperkirakan ada 13 juta smartphone terjual di Indonesia pada 2012. Tahun ini, penjualan smartphone di Indonesia akan membengkak hingga lebih dari 20 juta unit.

Keterjangkauan harga, beragamnya pilihan, dan kemudahan akses internet adalah beberapa faktor yang membuat pertumbuhan smartphone di Indonesia dinilai masih sangat tinggi dalam beberapa tahun ke depan. Tingginya pengguna smartphone di Indonesia terkadang memunculkan pertanyaan yang sedikit mengusik.

Apa saja sebenarnya yang dilakukan pengguna smartphone lewat perangkat bergeraknya itu?
Jawabannya terungkap lewat riset Indonesia Smartphone Consumer Insight pada Mei 2013 yang dihelat oleh lembaga riset Nielsen Indonesia. Sedikit banyak hasilnya memang sudah bisa diprediksi, kendati terungkap juga fakta-fakta segar yang ternyata cukup mengejutkan.

Pertama, riset dari Nielsen Indonesia itu setidaknya bisa memberikan gambaran mengapa adopsi pengguna di Indonesia terhadap teknologi baru, seperti Facebook, Twitter, bahkan Path, sangat tinggi dan cepat. Karena ternyata setiap hari rata-rata orang Indonesia memanfaatkan smartphone selama 189 menit atau setara 3 jam 15 menit. Angka ini termasuk sangat tinggi karena tiga kali lipat lebih lama dibanding pengguna smartphone di negara maju seperti Amerika.

sindo_stats-top10-chatweb_web
Survei serupa yang dilakukan oleh lembaga riset Experian Marketing Services di Amerika menunjukkan, rata-rata warga Amerika ternyata hanya menghabiskan waktu kurang dari 1 jam setiap hari di smartphone mereka. Angka ini kemudian merujuk pada pertanyaan selanjutnya, apa saja yang dilakukan pengguna smartphone Indonesia setiap hari selama tiga jam itu? Seperti yang diduga, aktivitas tertinggi yang dilakukan adalah chatting yang mencapai 90%.

Selain chatting, orang Indonesia tidak ingin dilabeli ketinggalan informasi. Karena itu, aktivitas melakukan pencarian (search) adalah terbesar kedua setelah chatting (71%). Selanjutnya, pengguna di Indonesia juga menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi di jejaring sosial (64%), menulis blog, atau membuka forum (41%), mencari aplikasi atau game terbaru di toko aplikasi (32%), melihat video on demand(27%), berbagi konten (26%), mengakses hiburan (25%), berita (24%), dan webmail(17%).

Hasil ini ternyata sangat berbeda dengan survei yang dilakukan oleh Experian Marketing Services. Menurut Experian Marketing Services, pengguna smartphone di Amerika masih menggunakan 26% waktu mereka di smartphone untuk berbicara (voice), 20% untuk ber-SMS, 16% untuk jejaring sosial, dan 14% untuk melakukan pencarian.

Dari hasil sindo_stats-smartphone-using_webriset tersebut juga diketahui bahwa WhatsApp masih menduduki aplikasi chatting terpopuler dengan 58% pengguna, diikuti oleh BlackBerry Messenger(41%), LINE (35%), KakaoTalk(30%), WeChat (27%), Google Hangouts(20%), Yahoo Messenger(18%), Skype(7%), dan ChatON (6%). Sementara website yang umumnya mereka kunjungi masih didominasi oleh Google dan Facebook.

Rinciannya adalah Google Search (64%), Facebook(58%), Blogger (34%), YouTube(26%), situs searchmobileonline ( 24%), Telkomsel (18%), WordPress(15%), T.co(15%), 4shared (14%), dan Twitter(14%). Hasil riset Nielsen Indonesia juga menunjukkan bahwa aktivitas puncak pengguna smartphone di Indonesia ternyata terjadi pada siang hari. Aktivitas yang diukur, yakni browsing, chatting, multimedia, game, jejaring sosial, dan App Store.

Riset Nielsen Indonesia ini setidaknya menunjukkan bagaimana pengguna Indonesia sangat savvy dengan teknologi. Tidak heran jika perusahaan mobile messenger seperti Line, KakaoTalk, serta WeChat dalam beberapa bulan terakhir ini sangat agresif menyasar pasar Indonesia. Mereka melihat pasar Indonesia sangat masif ●

danang arradian ~ source: koran-sindo.com/node/321184

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s